Pengertian Intranet  

Posted by: Riri Rahimah in

Kata Intranet terbagi menjadi dua bagian yaitu Intra yang berarti “Di dalam”, dan kata Net yang berarti “Jaringan” (Komputer). Jika di lihat dari sudut teknis Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi internet dan WWW (World Wide Web) didalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). Dan bila di artikan secara keseluruhan maka Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi, Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN).
Perkembangan intranet yang cepat menawarkan solusi untuk membangun sebuah intranet menggunakan public network (internet). Di lain pihak, kekuatan suatu industry juga berkembang dan menuntut terpenuhinya lima kebutuhan dalam intranet, yaitu :
  1. Kerahasiaan, dengan kemampuan scramble atau encript pesan sepanjang jaringan tidak aman.
  2. Kendali akses, menentukan siapa yang diberikan akses ke suatu system atau jaringan, sebagaimana informasi apa dan seberapa banyak seseorang dapat menerima.
  3. Authentication, yaitu menguji identitas dari dua perusahaan yang mengadakan transaksi.
  4. Integritas, menjamin bahwa file atau pesan tidak berubah dalam perjalanan.
  5. Non-repudiation, yaitu mencegah dua perusahaan saling menyangkal bahwa mereka telah mengirim atau menerima file.

This entry was posted on 10.56 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar