Enkripsi Dan Deskripsi Metode Caesar Menggunakan bahasa Phyton  

Posted by: Riri Rahimah in

Dalam kriptografi, sandi caesar atau sandi geser adalah salah satu teknik enkripsi paling sederhana dan paling terkenal. Nama caesar di ambil dari Julius Caesar yaitu kaisar romawi, julius caesar menggunakan sandi ini untuk berkomunikasi dengan para panglimanya. Sandi ini termasuk dalam sandi substitusi di mana setiap huruf pada text terang atau palintext di gantikan oleh huruf lainnya yang memiliki selisih posisi tertentu dalam alfabet.
Contohnya menggunakan geseran 3, maka W akan menjadi Z, I akan menjadi L, dan K akan menjadi N, sehingga apabila text aslinya adalah ”WIKI” maka akan menjadi ”ZLNL” pada text tersandi.

Cara kerja sandi caesar dapat dilihat dengan membariskan dua set alfabet, alfabet tersebut di susun dengan cara menggeser alfabet biasa ke kanan atau ke kiri dengan angka tertentu (angka-angka ini di sebut kunci). Misalnya sandi caesar dengan kunci 3, adalah sebagai berikut :

Biasa : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Sandi : D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C

Untuk menyandikan sebuah pesan, hanya cukup mencari setiap huruf yang ingin di sandikan di alfabet biasa, lalu tuliskan huruf yang sesuai pada alfabet sandi.
Contoh penyandian sebuah pesan adalah sebagai berikut :
Teks terang : Keamanan Jaringan
Teks tersandi : NHDPDQDQ MDULQJD


Coding program untuk enkripsi dan deskripsi dengan metode caesar dan bahasa pemrograman yang di gunakan adalah bahasa phyton 2.6 adalah sebagai berikut :


z=['A','B','C','D','E','F','G','H','I','J','K','L','M','N','O','P','Q','R','S','T','U','V','W','X','Y','Z','a','b','c',
'd','e','f','g','h','i','j','k','l','m','n','o','p','q','r','s','t','u','v','w','x','y','z',' ']
print "Enkripsi"
a = raw_input("\nMasukkan kata = ")
b = ""
geser = 7
for x in range(len(a)):
temp = z.index(a[x])+geser
b=b+z[temp%53]
print " "
print "PlainText = "+a
print "ChiperText = "+b


Coding program di atas adalah procedure enkripsi, dalam z tersimpan karakter yaitu karakter huruf besar, kecil dan spasi, lalu memesukkan kata atau kalimat yang akan di jadikan sebagai pesan asli, pesan tersebut akan tersimpan ke dalam plaintext, kemudian geser = 7 adalah kunci untuk pergeseran huruf yang akan di lakukan dan akan di simpan dalam variabel kunci, setelah itu akan akan di lakukan pengulangan, pada pengulangan ini lah akan di lakukan pergeseran huruf, dan hasil pergeseran tersebut akan di tampilkan oleh perintah print "ChiperText = "+b


Dan untuk coding program deskripsi adalah sebagai berikut :


z=['A','B','C','D','E','F','G','H','I','J','K','L','M','N','O','P','Q','R','S','T','U','V','W','X','Y','Z','a','b','c',
'd','e','f','g','h','i','j','k','l','m','n','o','p','q','r','s','t','u','v','w','x','y','z',' ']
print "\nDeskripsi"
a = raw_input("\nMasukkan kata = ")
b = ""
geser = 7
for x in range(len(a)):
temp = z.index(a[x])-geser
b=b+z[temp%53]
print " "
print "ChiperText = "+a
print "PlainText = "+b


coding program di atas adalah procedure deskripsi, penjelasan untuk procedure deskripsi ini hampir sama dengan procedure enkripsi, yang membedakannya hanya lah pada pengulangan yang di lakukan pada program tersebut, pada baris perintah temp = z.index(a[x])-geser.

This entry was posted on 07.20 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar