Istilah - Istilah Ancaman Sistem  

Posted by: Riri Rahimah in

  • BACKDOOR
Backdoor ini mempunyai arti main belakang, caranya dengan melanggar prosedur yang semestinya, malware berusaha untuk masuk ke dalam sistem untuk mengakses file. Berdasarkan cara penyebarannya backdoor di bagi menjadi 2 grup, grup yang pertama mirip dengan troya yaitu secara manual di masukkan ke dalam suatu file program dan ketika program tersebut di install, mereka akan menyebar. Grup yang kedua mirip dengan worm backdoor dalam grup ini di jalankan sebagai bagian dari proses boot, ratware adalah sebutan untuk backdoor yang mengubah komputer menjadi zombie yang mengirim spam. Backdoor yang lain juga mampu mengacaukan lalu lintas jaringan, melakukan brute force untuk meng crack password dan enkripsi.
  • TRAP
Trap adalah suatu interupsi yang dikirimkan kepada sistem dengan tujuan untuk melakukan penjebakan. Trap dikirimkan oleh suatu program ke dalam suatu sistem dan akan di tampilkan oleh layar monitor, kemudian apabila user tidak berhati – hati dan menanggapi interupsi tersebut maka sistem yang ada pada komputer tersebut akan terjebak oleh program yang mengirimkan interupsi tersebut.
  • TROJAN SYSTEM
Trojan System adalah suatu tindakan yang tak terdokumentasi dan bersifat rahasia yang di sertakan pada suatu program yang berguna. Program berguna yang di maksud adalah suatu program yang mengandung kode tersembunyi yang ketika di jalankan maka akan melakukan suatu fungsi yang tidak di inginkan. Eksekusi program ini yang menyebabkan eksekusi rutin rahasia berlangsung.
  • KEYLOGGER
Perangkat lunak yang bisa mencatat semua tekanan tombol keyboard, catatan yang di simpan dalam suatu file yang kemudian bisa di lihat dengan lengkap, di dalamnya bisa terdapat informasi seperti penekanan tombol dan waktu penekanan. Dengan cara ini seseorang bisa mengetahui user name dan password dari orang lain. Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log berupa file teks ke orang lain tanpa sepengetahuan korban, keylogger juga bisa mengaktifkan diri ketika user melakukan tindakan tertentu.

This entry was posted on 21.12 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar