Kriptografi  

Posted by: Riri Rahimah in

Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana membuat suatu pesan yang di kirim oleh si pengirim bisa di sampaikan kepada si penerima dengan aman.
Kriptografi dapat memenuhi kebutuhan umum oleh suatu transaksi apabila :

  1. Kerahasiaan (confidentiality) di jamin dengan melakukan enkripsi (penyandian).
  2. Keutuhan (integrity) atas data-data pembayaran yang di lakukan dengan fungsi hash satu arah.
  3. Jaminan atas identitas dan keabsahan (authenticity) pihak-pihak yang melakukan transaksi di lakukan dengan menggunakan password atau sertifikat digital. Sedangkan keotentikan data transaksi dapat di lakukan dengan tanda tangan digital.
  4. Transaksi dapat di jadikan barang bukti yang tidak bisa di sangkal (non-repudiation) dengan memanfaatkan tanda tangan digital dan sertifikat digital.

Pembakuan penulisan pada kriptografi dapat di tulis dalam bahasa matematika. Fungsi-fungsi yang mendasar dalam kriptografi adalah enkripsi dan deskripsi. Enkripsi adalah proses mengubah suatu pesan asli (plaintext) menjadi suatu pesan dalam bahasa sandi (ciphertext).

C = E (M)

Di mana

M = pesan asli
E = proses dari enkripsi
C = pesan dalam bahasa penyandian

Sedangkan deskripsi adalah proses mengubah pesan dalam suatu bahasa sandi menjadi pesan asli kembali.

M = D (C)
D = proses deskripsi

Enkripsi adalah suatu proses pengamanan informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat di baca tanpa bantuan alat khusus.
Deskripsi adalah algoritma yang di gunakan untuk membaca sebuah informasi yang telah di enkripsi kan supaya dapat kembali menjadi text asli yang dapat di baca.

This entry was posted on 07.19 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar